Libur Natal, Puncak Arus Lalin Keluar Jabotabek Diprediksi Terjadi Kamis Ini

Iklan Semua Halaman

Press Release dapat dikirim melalui WhatsApp atau redradarbisnis@gmail.com

Libur Natal, Puncak Arus Lalin Keluar Jabotabek Diprediksi Terjadi Kamis Ini

Rabu, 23 Desember 2020

Ilustrasi Kendaraan. /Pixels.com/Life Of Pix.

RADAR BISNIS
- Jelang libur Natal dan Tahun Baru, sebanyak 842 ribu kendaraan diprediksi akan meninggalkan wilayah DKI Jakarta dengan berbagai tujuan melalui tol Jasa Marga dengan arah Barat, Selatan dan Timur.


Kendaraan tersebut akan mulai tercatat sejak Kamis 24 Desember 2020hingga Minggu 27 Desember 2020 mendatang.


Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga Pratomo Bimawan Putra menerangkan, puncak arus lalu lintas keluar Jabotabek dalam rangka Libur Panjang Natal 2020 diprediksi terjadi pada besok Kamis 24 Desember 2020.


”Puncak arus lalu lintas kembali menuju Jakarta terjadi pada Minggu (27 Desember) mendatang,” ujar Pratomo kepada wartawan.


Adapun prediksi Jasa Marga kendaraan yang akan meninggalkan Jakarta mampu mencapai 842 ribu kendaraan, naik 15,4 persen dari arus lalu lintas (lalin) normal pada November 2020 atau naik 0,8 persen dari tahun 2019.


Sementara itu, pada puncak arus lalu lintas keluar Jakarta, dan Kamis 24 Desember 2020 diprediksi sebanyak 206 ribu kendaraan akan melintasi 4 Gerbang Tol (GT) utama.


Antara lain, GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan) serta GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur). Sedangkan, jumlah kendaraan kembali menuju Jabotabek setelah libur Natal mencapai 823 ribu kendaraan.


Dimana naik 17,9 persen dibandingkan lalin normal (November 2020) atau naik 10,5 persen dari tahun 2019.


Pada puncak arus lalu lintas kembali ke Jakarta, 27 Desember 2020, diprediksi sebanyak 196 ribu kendaraan akan melintasi 4 GT utama.


”Untuk mengantisipasi kepadatan saat periode libur akhir tahun, Jasa Marga telah menyiapkan langkah antisipasi. Salah satunya berupa antisipasi kepadatan lalu lintas di Gerbang Tol Utama,” jelasnya menambahkan.


Selanjutnya, untuk peningkatan layanan transaksi dengan menyiapkan mobile reader untuk menambah kapasitas di Gerbang Tol Utama, khususnya yang diproyeksi mengalami peningkatan volume transaksi.


Di antaranya, GT Cikampek Utama, GT Kalihurip Utama, GT Ciawi, GT Cileunyi, GT Kalikangkung, GT Banyumanik, GT Waru Gunung dan GT lainnya, serta memastikan keberfungsian peralatan tol dan kelengkapan operasional di setiap Gerbang Tol.


Untuk itu, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan yang hendak bepergian ke luar kota untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak). Hal ini penting guna menekan penyebaran Covid-19 mengingat belakangan ini terjadi peningkatan kasus Covid-19 yang signifikan. (pol)