Kliring Berjangka Indonesia Raih Penghargaan Indonesian Best Leader Factory 2020

Iklan Semua Halaman

Press Release dapat dikirim melalui WhatsApp atau redradarbisnis@gmail.com

Kliring Berjangka Indonesia Raih Penghargaan Indonesian Best Leader Factory 2020

Selasa, 08 Desember 2020

Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia, Fajar Wibhiyadi. /Instagram.com/@ptkbi_persero.

RADAR BISNIS
- PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) atau KBI berhasil meraih penghargaan Indonesia Best Companies in Creating Leaders From Within 2020. 


Keberhasilan KBI dalam meraih penghargaan ini merupakan hasil dari proses transformasi sumber daya manusia yang dilakukan sejak beberapa tahun terakhir.


Hadirnya era VUCA serta berbagai tantangan di industri 4.0, telah menjadi satu pijakan dalam transformasi Sumber Daya Manusia (SDM) yang dilakukan di KBI.


Proses transformasi ini tentunya untuk menciptakan leader-leader baru dari internal KBI yang memiliki kompetensi yang mampu menjawab tantangan kedepan.  


Demikian disampaikan oleh Fajar Wibhiyadi, Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) dalam keterangan tertulis yang diterima media ini, Senin, 7 Desember 2020.


“Terkait SDM, KBI melihat bahwa SDM memiliki peran sangat penting dalam pengembangan korporasi. Untuk itu, kami menempatkan karyawan sebagai Stake Holder utama." kata Fajar Wibhiyadi,


Dalam pengembangan SDM, pihaknya menerapkan prinsip 70 : 20 : 10, untuk menjadikan karyawan menjadi SDM yang memiliki kompetensi guna menjawab tantangan ke depan. 


Selain itu, KBI juga terus mengembangkan SDM untuk menjadi SDM yang “Agile”, yang tentunya sangat dibutuhkan di era VUCA. 


Saat ini, KBI memiliki 56 Karyawan yang 80% nya berasal dari kalangan milenial. Tentu ini merupakan sebuah modal besar bagaimana KBI mengembangkan SDM kedepan. 


"Dengan usia kalangan milenial yang masih relatif muda, mereka memiliki potensi menjadi pemimpin korporasi dalam waktu mendatang," katanya.


PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) telah menyipakan Road Map dalam pengembangan Human Capital, dan telah berjalan sejak tahun 2018. 


Di tahun 2020, KBI menerapkan strategi pengembangan SDM dengan memfokuskan pada keterkaitan yang lebih dalam dengan target atau tujuan bisnis sambil mencapai pengembangan SDM yang optimal. 


Sedangkan untuk tahun 2021, yang akan dicapai KBI adalah mengintegrasikan bisnis dengan Sumber Daya Manusia.


Untuk hal tersebut, KBI akan memanfaatkan strategi dan data/statistic SDM dalam menjalankan bisnis, serta Fokus pada optimalisasi SDMnya untuk kebutuhan bisnis. 


Selain itu HR Dept/Div juga ikut memberikan pandangan/wawasan yang dapat berdampak pada arah dan tujuan perusahaan.


“KBI juga telah menjalankan Talent Pool untuk melihat potensi dari segenap SDM yang ada. Dengan demikian, program-program pengembangan SDM bisa lebih tertata, sesuai dengan target korporasi kedepan," tambahnya.


Dari Talent Pool ini juga akan terlihat calon-calon leader yang akan mengisi posisi menengah. Tinggal tentunya kami terus mengembangkan kemampuan mereka. 


Berbagai kemudahan juga telah diberikan kepada para karyawan, termasuk kesempatan untuk mendapatkan bea siswa ke jenjang pendidikan Strata 2. 


Bahkan saat ini ada yang sudah menyeleasikan pendidikannya dan menempati posisi-posisi yang strategis. 


Sebagai langkah untuk memberikan pemahaman tentang kinerja korporasi kepada segenap karyawan, KBI setiap bulan mengadakan town hall berupa arahan yang diberikan oleh Board of Director (BOD) terkait kinerja, performa serta pencapaian korporasi. 


Terkait pengembangan SDM, KBI juga telah menginisiasi terbentuknya KBI e-ducentre, dimana lembaga ini akan menjadi tempat pengembangan menuju SDM yang memiliki kompetensi. 


Dalam program-programnya, KBI e-ducentre menjalankan beberapa kegiatan baik itu edukasi, literasi maupun riset terkait perdagangan berjangka komoditi, pasar fisik komoditas maupu sistem resi gudang. 


Hadirnya KBI e-ducentre ini tentunya akan dapat mendorong percepatan penyiapan sumber daya manusia yang berkopentensi, sesuai dengan harapan pemerintah. 


“Sejalan dengan core value BUMN yaitu AKHLAK, KBI juga menerapkan AKHLAK dalam pengembangan sumber daya manusia," kata Fajar Wibhiyadi.


Salah satunya adalah dengan mengadopsi nilai-nilai akhlak kedalam penilaian karyawan (Individual Behavior Appraisal). 


Pemahaman tentang AKHLAK ini tentunya bahwa dalam menciptak. (*/tim)