PT Geo Dipa Energi Kerjasama dengan ADB untuk Bangun PLTP

Iklan Semua Halaman

Press Release dapat dikirim melalui WhatsApp atau redradarbisnis@gmail.com

PT Geo Dipa Energi Kerjasama dengan ADB untuk Bangun PLTP

Jumat, 21 Agustus 2020

PT Geo Dipa Energi merupakan sebuah badan usaha milik negara Indonesia. (Foto : geodipa.co.id)

Radarbisnis.com, Jakarta - PT Geo Dipa Energi, salah satu Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengadakan acara Sosialisasi Financial Closing Pendanaan Asian Development Bank (ADB) untuk Proyek Strategis Nasional (PSN) PLTP D2P2 yang diselenggarakan secara online melalui Webinar dengan tema "Manfaat Pembangunan Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Dieng 2 dan Patuha 2" pada Rabu (19/8/2020).


Direktur Utama PT Geo Dipa, Riki Firmandha Ibrahim mengatakan bahwa melalui pengembangan proyek Dieng 2 Patuha 2 yang didukung penuh oleh pemerintah, akan menjadi sebuah investasi berkelanjutan yang sangat strategis. 


Hal ini karena kenaikan produksi energi bersih akan meningkatkan dan mengurangi ketergantungan terhadap impor fosil. Selain itu, pengembangan dan pemanfaatan panas bumi yang lebih besar dapat berpengaruh terhadap peningkatan ekonomi lokal dan investasi maupun masyarakat di sekitarnya 


Di tengah kondisi pandemi Covid-19, GeoDipa telah berhasil menyelesaikan upaya pembiayaan untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Dieng Unit 2 dan PLTP Patuha Unit 2 dengan masing-masing kapasitas 55 MW. 


Upaya ini mendapat dukungan penuh Kementerian Keuangan dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/PT PII yang juga merupakan SMV Kemenkeu untuk penjaminan pemerintah dalam rangka pengembangan proyek pembangkit listrik tersebut.


“Saya mengapresiasi sekali langkah pemerintah yang mendukung penuh pemanfaatan energi terbarukan khususnya panas bumi ini. Walaupun di tengah pandemi COVID-19, Pemerintah Indonesia tetap memberikan perhatian dan dukungan terhadap pemanfaatan panas bumi melalui pelaksanaan Dieng 2, Patuha 2 dan ADB pun sudah komitmen dalam Dieng 3, 4 dan 5,” ungkapnya.


Sementara itu, Direktur Utama PT PII M. Wahid Sutopo mengatakan bahwa penjaminan yang dimandatkan Kementeran Keuangan kepada PT PII sebagai pelaksana penjaminan pada proyek Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Dieng Unit 2 dan PLTP Patuha Unit 2 ini merupakan salah satu upaya PT PII mendukung penyediaan listrik tenaga panas bumi yang aman dan ramah lingkungan serta memberikan manfaat peningkatan ekonomi Indonesia yang berdampak langsung kepada masyarakat. Melalui dukungan PT PII pada proyek ini, diharapkan turut mendorong pemulihan ekonomi nasional memastikan ketersediaan pasokan listrik ramah lingkungan kepada masyarakat. (keu)