DPD RI Dukung Modernisasi Bulog dalam Menjaga Ketahanan Pangan

Iklan Semua Halaman

Press Release dapat dikirim melalui WhatsApp atau redradarbisnis@gmail.com

DPD RI Dukung Modernisasi Bulog dalam Menjaga Ketahanan Pangan

Kamis, 02 Juli 2020
Rapat Komite II DPD RI dengan Perum Bulog. (Foto : Instagram @dpdri)
Radarbisnis,com, Jakarta - Komite II DPD RI Dukung Modernisasi Perum Bulog Dalam Menjaga Ketahanan Pangan Nasional. Hal tersebut diungkap dalam Rapat Dengar Pendapat antara Komite II DPD RI dengan Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso membahas pengawasan DPD RI atas pelaksanaan UU No.18 Tahun 2012 tentang Pangan, di Gedung DPD RI Komplek Parlemen Senayan Jakarta, Kamis (2/6/2020).

Ketua Komite II DPD RI Yorrys Raweyai saat membuka rapat mengungkapkan, bahwa Komite II DPD RI juga megharapkan adanya sinergitas dan kerjasama antara DPD RI, Pemda, dan Bulog di daerah untuk mendukung strategi Bulog menjaga ketahana pangan nasional.

“Saya harap peran Bulog ke depan harus mampu mengakodomasi petani dan komoditas lokal daerah untuk diserap. Kita ketahui kebutuhan pangan tidak hanya masalah beras, di setiap daerah punya komoditas pangan lokal yang berbeda-beda, jika bisa produksi pertanian diarahkan menjadi modern maka produksi pangan meningkat dan Bulog akan semakin ringan tugasnya,” jelas Senator Papua tersebut.

Wakil Ketua DPD RI Sultan B. Najamudin yang juga hadir pada rapat tersebut menambahkan, bahwa tugas dan peran DPD RI bermitra dengan badan dan lembaga lainnya, dan DPD RI mempunyai kedekatan kepada daerah karena merupakan representasi daerah.

“DPD RI lebih dekat kepada daerah, saat ini peran yang ingin ditonjolkan adalah peran pengawasan dengan lebih banyak turun dan berinteraksi untuk menyerap aspirasi dan mendengarkan laporan dari masyarakat, sehingga apa yang menjadi aspirasi dan keluhan dari masyarakat bisa langsung kepada anggota DPD RI, dan aspirasi tersebut dapat disampaikan ke mitra kerja Komite II DPD RI seperti Bulog melalui rapat seperti ini,” tambah Sultan.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso pada rapat tersebut memaparkan, dalam membantu mewujudkan kedaulatan pangan, Bulog berperan untuk menegakkan Tiga Pilar Ketahanan Pangan.

“Pilar Ketersediaan kita melaksanakan kebijakan pembelian pangan, kemudian dalam Pilar Keterjangkauan Bulog berupaya melakukan pemerataan stok pangan nasional, dan dalam Pilar Stabilitas Bulog berusaha menjaga stabilitas harga di tingkat petani dan konsumen,” ujar mantan Kabareskrim Polri tersebut.

Ia menambahkan, selama masa pandemi Covid-19, Bulog tidak libur dan terus bekerja menyalurkan kebutuhan pangan pokok ke seluruh pelosok Indonesia untuk menjaga ketahanan pangan. (dpd)