Pasca Helmi Yahya, Sutradara Iman Brotoseno Akhirnya Resmi Jabat Dirut TVRI

Iklan Semua Halaman

Press Release dapat dikirim melalui WhatsApp atau redradarbisnis@gmail.com

Pasca Helmi Yahya, Sutradara Iman Brotoseno Akhirnya Resmi Jabat Dirut TVRI

Rabu, 27 Mei 2020
Direktur Utama TVRI, Iman Brotoseno. (Foto : Instagram @tvrinasional)

Radarbisnis.com, Jakarta – Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI telah memiliki direktur utama baru yakni Iman Brotoseno setelah resmi dilantik pada, Rabu (27/5/2020), menggantikan Helmy Yahya.
“Dewas LPP TVRI menetapkan Iman Brotoseno sebagai Dirut PAW TVRI untuk periode 2020-2022,” kata Ketua Panitia Pemilihan Calon Direktur Utama pengganti antar waktu (PAW) LPP TVRI Ali Quasen, dalam siaran pers tertulis, Rabu (27/5/2020).
Iman dinyatakan, berhasil menyelesaikan tahapan seleksi mulai dari administrasi, makalah, pendalaman makalah, assessment test, wawancara Panel Ahli III, dan uji kepatutan dan kelayakan oleh Dewan Pengawas TVRI.
“Iman dilantik oleh Ketua Dewas Arief Hidayat Thamrin di Gedung Penunjang Operasional (GPO) TVRI,” tandasnya.
Seperti diketahui, perebutan kursi Dirut TVRI ini penuh drama, buah konflik antara direksi dan dewas. Drama dimulai 4 Desember 2019 lalu saat Helmy Yahya dinonaktifkan dari jabatan dirut lewat SK Dewan Pengawas LPP TVRI Nomor 3 Tahun 2019.
Helmy digantikan sementara oleh Direktur Teknik LPP TVRI Supriyono sebagai Pelaksana Tugas Harian (Plt) Dirut LPP TVRI. Helmy pun melayangkan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta karena tidak terima dengan keputusan Dewas.
Terdapat beberapa alasan Dewas TVRI memberhentikan Helmy, dari soal penayangan Liga Inggris di TVRI hingga masalah anggaran. Helmy juga dituding menyampaikan narasi bahwa Dewas melakukan pengawasan yang berlebihan kepada Dewan Direksi. (dio)