HM Sampoerna Hentikan Sementara Pabrik Rokok Di Surabaya, Gara-gara Covid-19

Iklan Semua Halaman

Press Release dapat dikirim melalui WhatsApp atau redradarbisnis@gmail.com

HM Sampoerna Hentikan Sementara Pabrik Rokok Di Surabaya, Gara-gara Covid-19

Senin, 04 Mei 2020
Sampoerna juga melaksanakan pembersihan dan sanitasi secara menyeluruh di area pabrik. (Foto : Instagram @insidesampoerna)

Radarbisnis.com, Jakarta – Menjadikan keselamatan dan kesehatan karyawan sebagai prioritas utama, PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) menghentikan sementara pabrik di Rungkut 2, Kota Surabaya, Jawa Timur, sejak 27 April 2020. Dua karyawan pabrik rokok ini meninggal dunia dalam status positif Covid-19, dan seratusan lainnya reaktif dalam rapid test.
Dalam keterangan resminya yang dikutip Sabtu (2/5/2020), Direktur PT HM Sampoerna Tbk, Elvira Lianita mengatakan, penghentian sementara bertujuan melaksanakan pembersihan dan sanitasi menyeluruh di area pabrik Rungkut 2. Pihaknya ingin menghentikan tingkat penyebaran virus corona penyebab coronavirus disease 2019 (Covid-19) yang telah berdampak pada beberapa karyawan Sampoerna di lokasi tersebut.
Prioritas perusahaan memastikan keselamatan dan kesehatan para karyawan dengan menerapkan protokol kesehatan. Manajemen Sampoerna juga terus berkoordinasi dengan Pemerintah dan Gugus Tugas di tingkat Kota dan Provinsi untuk mencegah penyebaran. Data dan informasi terkait karyawan yang terpapar covid-19 itu, sudah diserahkan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya dan Jawa Timur.
Sampoerna juga melaksanakan pembersihan dan sanitasi secara menyeluruh di area pabrik Rungkut 2. Perseroan berusaha menghentikan tingkat penyebaran virus corona tersebut. Lalu, sesuai arahan dan koordinasi dengan Pemerintah Kota Surabaya dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, mereka menerapkan protokol kesehatan seperti dianjurkan pemerintah.
Antara lain penyemprotan disinfektan di seluruh fasilitas pabrik, melakukan contact tracing, meminta karyawan untuk karantina mandiri, melakukan test Covid-19, dan bekerja sama dengan rumah sakit setempat. Sampoerna telah pula memastikan dukungan kepada karyawan dan melakukan tanggung jawab sosial terhadap komunitas, antara lain memberikan cuti dan tetap menerima gaji seperti biasa. (ten) #mediamelawancovid19