ASDP Bantah Ada Kru Kapal Terpapar COVID-19, Ini Penjelasannya

Iklan Semua Halaman

Press Release dapat dikirim melalui WhatsApp atau redradarbisnis@gmail.com

ASDP Bantah Ada Kru Kapal Terpapar COVID-19, Ini Penjelasannya

Kamis, 28 Mei 2020
PT ASDP Indonesia Ferry menegaskan bahwa seluruh karyawan bebas dari COVID-19.(Foto : Instagram @asdp191)

Radarbisnis.com, Jakarta – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memastikan bahwa seluruh karyawan dan kru kapal bebas dari Virus Corona baru atau COVID-19.
“Hal ini terbukti bahwa hingga saat ini tidak ada karyawan ASDP baik kru laut maupun darat yang terkena COVID-19. Kami secara konsisten memberlakukan protokol kesehatan dengan sangat ketat, baik kepada karyawan darat dan kru kapal di laut, termasuk juga kepada seluruh pengguna jasa penyeberangan yang kami layani,” ujar Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Imelda Alini dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (28/5/2020).
Ia mengatakan sejak awal pandemi COVID-19 di Indonesia sekitar bulan Maret, manajemen secara proaktif menerapkan protokol preventif dan kuratif.
Terkait dengan pemberitaan di media massa adanya kru kapal ASDP yang diduga kontak dengan penumpang yang diduga positif COVID-19, ia menjelaskan sebanyak 16 kru KMP Julung-Julung dan 16 kru KMP Ambu-ambu telah dinyatakan sehat setelah dilakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR Test) dengan metode swab.
Pada Selasa (26/5/2020) secara formal telah diserahkan surat negatif Covid-19 langsung oleh Walikota Tarakan, Chaerul kepada ABK KMP Julung-Julung-Julung di Pelabuhan Laut Juata Tarakan, sekaligus melepas pelayaran kembali kapal tersebut.
“Setelah melakukan tes PCR, karantina dan dinyatakan sehat, kru dari KMP Julung-Julung dan KMP Ambu-ambu telah kembali ke kapal masing-masing. Kapal siap beroperasi dan kru juga telah siap bertugas kembali,” ujar Imelda.
Sejak awal pandemi ASDP telah mengimplementasikan protokol preventif di kantor, pelabuhan, dan kapal yang dikelola oleh 29 Cabang ASDP dari Sabang sampai Merauke.
“Kami juga aktif dan terus menerus mengumumkan kepada pengguna jasa agar senantiasa menjaga kesehatan tubuh dan kebersihan melalui budaya cuci tangan,” katanya. (ant) #mediamelawancovid19