PLN Angkat Tangan, Tak sanggup Lagi Beri Keringanan Semua Pelanggan

Iklan Semua Halaman

Press Release dapat dikirim melalui WhatsApp atau redradarbisnis@gmail.com

PLN Angkat Tangan, Tak sanggup Lagi Beri Keringanan Semua Pelanggan

Senin, 20 April 2020
Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini. (Foto : Instagram @pln_id)

Radarbisnis.com, Jakarta – Bantuan listrik gratis yang diberikan pemerintah terhadap pelanggan listrik 450 VA dan diskon untuk pelanggan 900 VA bersubsidi terkait dampak corona berujung masalah. Pasalnya, pelanggan 1.300 VA juga meminta hak yang sama.
Tak hanya itu, sektor industri juga meminta keringanan. Akibatnya, PLN (Persero) pusing tujuh keliling karena tak sanggup menjawab permintaan tersebut.
Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini, mengatakan keuangan perusahaannya akan terhimpit apabila terlalu banyak memberikan insentif terhadap pelanggan. Hal ini ia sampaikan terhadap Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dalam rapat terbuka secara virtual.
Ia menegaskan, bahwa PLN pasti tak mampu melaksanakan apabila dipaksa memberikan insentif besar-besaran. “Kalau insentif skala besar sudah pasti PLN tak mampu melaksanakan karena bagaimanapun keuangan kami tidak memungkinkan. Kalau kita ingin memberikan insentif untuk industri, bisnis itu kita mohon untuk menyampaikan ke pemerintah,” ujarnya, hari ini.
Adapun menurutnya, pemberian listrik gratis kepada pelanggan 450 VA dan 900 VA subsidi bisa dilakukan oleh PLN karena negara menanggung subsidinya. Jadi, posisi PLN hanya sebagai pemberi sementara sampai subsidi listrik turun dari pemerintah.
“Sudah mapping dan mapping ini sangat clear sesuai golongan pelanggan rumah tangga, industri, bisnis, pemerintah. Semua sangat clear. Nah terkait siapa yang paling terdampak dan itu sudah diberikan subsidi dari pemerintah terakhir 450 VA baik prabayar dan pasca bayar. Lalu 900 VA yang bersubsidi itu 50 persen baik prabayar dan pasca bayar,” ungkapnya.
Zulkifli mengungkapkan, pemberian listrik gratis secara besar-besaran tidak hanya akan merugikan PLN tetapi juga merugikan pihak-pihak lain yang bekerjasama menyediakan listrik bagi negara. “Impact ini pasti ke semua supply chain dan mitra kami,” tutupnya. (ind) #mediamelawancovid19